Istighfar

Iatighfar berasal dari kata Al-Ghafar yang artinya menutup. Istighfar berarti memohon ampunan atas segala dosa dengan tidak mengulangi hal tersebut.

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal : 33)

Hukum Istighfar

  • Sunnah

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Muzammil : 20)

  • Wajib jika telah melakukan dosa
  • Makruh di depan jenazah
  • Haram untuk orang kafir

سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَسْتَغْفَرْتَ لَهُمْ أَمْ لَمْ تَسْتَغْفِرْ لَهُمْ لَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَهُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Sama saja bagi mereka, kamu mintakan ampunan atau tidak kamu mintakan ampunan bagi mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. (QS Al-Munafiqun ayat 6)

Keutamaan beristighfar

  • Pujian Allah

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur. (QS Ali imran : 17)

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (QS az-zariyat : 18)

  • Dicontohkan oleh Rasulullah
  • Syiar para Anbiya

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. (QS al-a’raf : 23)

  • Azas Uluhiyah
  • Membawa ke surga

Manfaat Istighfar

  • Menghapus Dosa

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS an-nisa : 110)

  • Mendapatkan rasa aman

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal : 33)

  • Mendapatkan kenikmatan yang baik

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. (QS. Hud : 3)

  • Sebab turunnya hujan

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارً ايُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

maka aku katakan kepada mereka: ´Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, (QS. Nuh : 10-11)

  • Sebab bertambahnya kekuatan

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. (QS. Hud : 52)

  • Menghilangkan kesusahan

Sujud

Ketika turun untuk sujud, sunnah untuk mengangkat tangan sesuai dengan hadits Abdullah bin Umar berkata. “Saya menyaksikan Rasulullah saw membaca takbir dalam shalat. Beliau mengangkat tangan saat bertakbir. Beliau tidak melakukan hal itu (mengangkat tangan) ketika sujud dan pada saat bangun dari sujud.” (HR. Bukhari [2:221])

Disunnahkan turun pada lutut bukan tangan. Hal itu dijelaskan dari hadits Wail bin Hujr ra. ia berkata, “saya telah meilhat Rasulullah saw meletakkan kedua lututnya sebelum tangannya ketika sujud.” (HR. Abu Dawud [1:22], At-Tarmidzi [2:56], Ibnu Majah [1:286], Ibnu Khuzaimah [1:318], dan Ibnu Hibban)

“Manakalah sujud, lutut Nabi saw dijatuhkan sebelum kedua tangannya.” (HR. Abu Dawud [1:22 no. 8490] dan Ibnu Mundzir dalam Al-Awsath [3:166]

“Jika salah seorang dari kamu sujud, janganlah melakukannya seperti berderumnya unta.” (HR. Abu Dawud [1:22], An-Nasa’i [2:207])

Aswad An-Nakha’i bertutur, “Sayidina Umar telah turun pada kedua lututnyauntuk sujud.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushanaf [1:294 no. 3] Cet. Darul Fikr, dengan isnad yang jelas-jelas shahih)

Imam Syafi’i dalam kitabnya Al-Umm [1:98] mengutarakan, “saya suka jika memulai takbir sambil berdiri dan ketika akan sujud, yang pertama kali diletakkan di tanah adalah kedua lutut lalu tangan kemudian wajah. Jika wajah diletakkan sebelum tangan atau tangan ditempelkan sebelum lutut, saya tidak menyukainya tetapi tidak harus mengulangi shalat dan tidak perlu sujud syahwi karenanya.”

berdasarkan hadits-hadits shohih di atas maka ketika hendak sujud disunnahkan meletakkan lutut lebih dulu baru tangan kemudian wajah

tulisan special untukmu sahabat

Sahabat, aku tak minta apa pun darimu karena aku telah dapatkan semuanya dari Allah
Sahabat, aku tak minta hartamu karena Allah telah mengatur rizqi untukku
Sahabat, aku tak minta waktumu karena Allah yang mengatur semua waktumu
Sahabat, aku tak minta perhatianmu karena bangsa lebih butuh perhatianmu
Sahabat, aku tak minta kasih sayangmu karena masih ada anak yatim yang membutuhkannya
Sahabat, aku tak minta pujianmu karena aku manusia yang tak pantas untuk dipuji
Sahabat, aku tak minta cintamu karena hanya Allah yang pantas mendapatkannya
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah maafmu jika ku telah menzholimi dirimu
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah nasihatmu jika kusalah dalam melangkah
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah semangatmu untuk berjuang bersamaku
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah senyummu yang membuat hariku makin indah
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah keikhlasan jika ada hakmu yang tak mampu kukembalikan
Sahabat, yang aku pinta darimu adalah ilmumu yang semakin mendekatkan aku pada Allah
Sahabat, tak ada yang bisa kuberi untukmu karena aku tak punya apa-apa
Sahabat, aku tak bisa memberimu harta karena Allah yang mengatur semua hartaku
Sahabat, aku tak bisa memberimu waktu jika Allah tak menghendaki
Sahabat, aku tak bisa memberimu perhatian karena mungkin tak kau butuhkan
Sahabat, aku tak bisa memberimu pujian karena pujianku hanya untuk Allah
Sahabat, aku tak bisa memberimu cinta kecuali karena Allah
Sahabat, aku kan berusaha memberimu maaf atas kezholiman yang mungkin engkau perbuat padaku
Sahabat, aku kan berusaha memberimu nasihat selama ku bisa menasehatimu
Sahabat, aku kan berusaha memberimu semangat selama itu bisa kau dapat dariku
Sahabat, aku kan berusaha memberimu senyum tulus selama aku masih bisa tersenyum
Sahabat, aku kan berusaha memberimu keikhlasan jika ada hakku yang tak mampu kau kembalikan
Sahabat, aku kan berusaha memberimu ilmu selama ilmu itu masih Allah amanahkan untukku
Sahabat, mungkin tulisan ini tak bermanfaat bagimu tapi sudilah untuk membacanya
Sahabat, mungkin tulisan ini mempunyai banyak kesalahan yang datangnya dari diriku
Sahabat, kembali ku minta maafmu jika tulisan ini menzholimi dirimu
Sahabat, kembali ku beri ilmu padamu jika tulisan ini menjadikanmu semakin beriman pada-Nya
Salam cinta terindah untuk Sang Maha Cinta
Salam cinta terindah untuk baginda Rasulullah saw
Salam cinta terindah untukmu saudaraku
Salam cinta terindah untukmu saudariku

Pacaran

Pacaran??? Apa sih pacaran itu??
Berdasarkan survei yg belum dilakukan, kebanyakan remaja usia 12-23 tahun udah kenal dengan yang namanya pacaran,betul gak?? Coba deh lakukan survei.
Balik lagi pacaran itu apa sih?? Kenapa remaja saat ini rata-rata pada pacaran?? Apa sih guna pacaran??
Hem yuk kita cerna mengenai pacaran hal yang menurut pandangan islam “salah” (wa Allahu ‘alam).
Kebanyakan remaja yang jomblo itu bilang “jomblo itu gak enak,gak ada yang merhatiin”
Remaja yang katanya sedang berbahagia dengan pasangannya bilang “ dia membuat hariku jadi lebih indah”
Eits ada juga remaja yang sedang galau bilang “cinta itu menyakitkan”
Hemmm itulah masalah remaja yang berhubungan dengan pacaran,sebenerya sih masih buaaaanyaaak banget. Pusing deh klo mau diuraikan satu persatu samadengan satu.
Kita itu remaja islam bukan???coba deh tanya sama diri masing-masing. Pasti banyak yang jawab iya,kan Tuhanku Allah,nabiku Muhammad,kitabku Al-Qur’an. Oke siiip banget klo kita udah jadi remaja islam. Sekarang coba deh tanyain sama hati nurani kita “islam itu ngebolehin gak sih pacaran?” pasti udah banyak yang tau jawabannya “GAK BOLEH” so ngapain pacaran?? Nah buat sekarang yang lagi punya pacar tanya lagi sama diri kamu,kamu islam gak??? Kalo iya kamu islam,kok larangan buat gak pacaran dilanggar?? Berani ya dapet hukuman dari Allah??? :p
Gue pernah baca status difacebook kurang lebih kayak gini “satu dalil saja yang ngelarang kita buat pacaran udah cukup buat kita ngerti kalo pacaran itu haram,tapi ada beribu alasan yang ngebuat kita mengelak untuk gak pacaran” stuju gak sama status itu??? Klo gue stuju banget.
Beberapa alasan yang pernah gue denger untuk nolak gak pacaran
1.       Gue cinta sama dia dan Allah itu gak ngelarang kita mencintai kan?? Kan Allah Mahacinta.
2.       Sebelum nikah kan kita kudu kenal dulu sama pasangan kita,jangan kayak beli kucing dalam karung.
3.       Gue bahagia karna ada dia yang selalu ada buat gue dan gue gak mau kehilangan dia.
4.       Gue sama dia kan pacarannya sehat,gak maen pegangan tangan,ciuman,pelukan,apa lagi sampe gituan.
Ada alasan lain???pasti banyak.
Coba deh kita cerna alasan-alasan itu.
Alasan satu :: itu cinta apa nafsu bro/sist?? Bener Allah gak pernah ngelarang kita buat saling mencintai,bener juga kalo Allah itu Mahacinta,tapi bukan dengan jalan deketin zina kita realisasikan cinta kita. Inget loh Allah itu sangat cemburu kalo hamba-Nya lebih cinta  sama manusia, apa lagi manusia itu bukan siapa-siapanya,bukan muhrim maksudnya.
Alasan dua :: hemmm emangnya buat kenal sama calon pasangan hidup kita kudu pacaran?? Gak juga kale,coba kalo dengan ta’aruf. Nah gimana cara ta’aruf yang bener itu coba deh dipelajari supaya kita gak salah jalan.
Alasan ketiga :: lo bahagia karna ada dia?klo gak ada dia brati lo menderita?so Allah lo taro dihati sebelah mana??? Klo lo udah seratus persen cinta sama Allah gue jamin deh lo pasti selalu bahagia. Emang saat ini doi punya lo(menurut lo) tapi coba deh bayangin kalo Allah nentuin doi bukan jodoh lo,gimana?? Lo bakal menderita seumur hidup dong?? Trus entar bini ato laki lo gimana?kan kasihan mereka. Lo gak bakal deh kehilangan orang yang saat ini lo cintai kalo emang dia jodoh lo. So don’t worry boy/girl.
Alasan keempat :: ye kalo sakit mah dikasih obat biar sembuh :p. Sob bener saat ini lo gak ngelakuin apa-apa tapi lo harus tau zina itu bukan hanya gituan. Zina mata sama zina hati itu yang juga parah. Kalo lo pacaran otomatis sering ketemu kan?dan pasti sengaja ato gak sengaja sering saling pandang,nah itu udah zina mata loh.. kalo pacarannya long distance gimana?kan gak pernah ketemu gimana mau zina mata?? Em oke mungkin lo terbebas dari zina mata,tapi zina hati?? Coba deh lo cari tau zina hati itu gimana?? Gue pernah baca kalo rasa untuk memiliki lawan jenis yang berlebihan itu sudah termasuk zina hati. Nah sob hati-hati sama kedua zina itu. Inget loh kalo udah zina 40 hari ibadah kita gak bakal diterima,mau???
Beberapa masalah buat yang lagi pacaran udah dibahas sekarang buat yang lagi pada jomblo. Banyak-banyak bersyukur deh buat para jomblowan dan jomblowati. Kita termasuk orang-orang yang Allah pilih buat gak terjebak dengan yang namanya deketin zina(pacaran).
Jangan sampe ada rasa kesepian dalam diri kita. Jomblo bukan brati kita sendiri,bukan brati gak ada yang perhatian sama kita. Kita punya sahabat, kita juga punya keluarga, dan pasti kita punya Allah. Kalo kita sadar perhatian-perhatian itu jauh lebih besar daripada perhatian yang orang lain beri.
Mungkin pacar sering nanyain “udah makan belom?gih buruan makan ntar sakit” sadar gak kalo keluarga kita jauh lebih peduli sama kesehatan kita? Yang kasih makan siapa sampe kita bisa tumbuh segede ini?keluarga kan bukan dia? Yang bawa kita kedokter kalo kita sakit siapa?keluarga kan bukan dia?
Mungkin pacar juga sering nanyain “udah shalat belom??klo belom shalat dulu sana” haduh ini mah udah sangat jelas perintah Allah dalam Al-Qur’an buat shalat, gak perlu dia ingetin juga kalo kita selalu inget sama Allah otomatis kita akan shalat dengan sendirinya. Allah itu jauh lebih perhatian kalo masalah shalat. Masa’ kita lebih suka diperhatiin manusia daripada diperhatiin Allah??
Mungkin pacar juga sering ngajarin kalo kita lagi gak ngerti sama PR dan tugas-tugas. Kalo kita punya sahabat kita bisa belajar bareng sahabat-sahabat kita, itu salah satu guna sahabat. Nah kalo pada gak ngerti gimana?? Cari dong referensi lain diperpustakaan. Kalo gak ketemu gimana? Ada guru/dosen buat kita bertanya.
Kalo lagi ada masalah/sedih mungkin pacar selalu ada buat menghibur. Nah ini,kita tuh punya sahabat buat tempat sharing,kita juga punya keluarga yang senantiasa nyariin jalan keluar, dan pasti kita punya Allah yang udah nyiapin  segala yang terbaik buat kita.
Jadi kesimpulannya “KITA GAK BUTUH PACAR”
Oya masbro/mbaksist satu hal kalo kita pacaran maka kemungkinan buat patah hati sekitar 95%. Gue kasih tau ya, patah hati itu gak enak banget. Ergh saakiiiiit banget rasanya. Butiran airmata pun bisa sampe keluar. Pokoknya gak enak deh,jangan mau.
Gue yakin banyak prokontra dalam tulisan ini,bahkan mungkin sampe ada yang bilang gue kolot,kampungan,norak,sok suci,munafik,etc. Yayaya terserah deh yang penting ini gue. Gue akuin gue juga pernah terjebak  dengan nafsu yang gue anggap cinta tapi itu dulu saat gue slalu nutupin mata gue dari kebenaran. Dan alhamdulillah gue udah mau buka mata gue. Dan do’ain ya semoga gue slalu istiqomah dalam prinsip “gak mau pacaran sebelum nikah”.

Surat Cinta

Ikhwan, kami ini wanita kami bagian tulang rusukmu
Jagalah kami, jangan kau rendahkan kami
Jangan kau ucapkan kata-kata cinta sebelum kau buat kami halal untukmu
Jangan kau jadikan kami manusia yang Allah murkai
Jangan kau jadikan kami bahan utama untuk neraka

Ikhwan, jika kau mencintai kami maka dekatkan dirimu pada Rabb kita
Jagalah pandanganmu dalam melihat kami
Karena sesungguhnya kami malu jikalau kau lebih mencintai kami
Karena sesungguhnya cinta itu sepantasnya hanya untuk-Nya
Biar yang Maha Cinta yang menyatukan kita

Ikhwan, biarlah saat ini hubungan kita hanya sebatas saudara
Biarlah kami menyematkan cinta kami hanya untuk-Nya
Biarlah kita berjuang untuk agama-Nya
Biarlah kita kalahkan nafsu kita
Biarlah semua indah pada waktu yang ditetapkan-Nya

Akhwat, kita ini wanita yang berharap jadi perhiasan terindah dunia
Mari kita menjaga diri kita dari menggoda kaum lelaki
Mari kita tutup telinga kita dari kata-kata cinta palsu mereka
Mari kita berusaha jadi wanita shalihah
Mari kita berusaha menjadi bidadari surga

Akhwat, jangan mudah mencintai lelaki tapi mudahlah mencintai Allah
Jagalah cinta itu hanya untuk suami tercinta
Karena sesungguhnya hanya malu yang mampu menjaga cinta itu
Karena sesungguhnya hanya Allah yang pantas mendapatkan cinta kita
Biar Sang Maha Cinta yang menjadikan kita halal baginya

Akhwat, saat ini dia bukanlah muhrim kita
Berikan cinta kita hanya untuk yang menciptakan cinta
Berikan cinta kita untuk berjuang pada agama-Nya
Berikan cinta kekuatan untuk mengalahkan nafsu
Berikan waktu untuk menjadikan semuanya indah

Salam cinta terindah untuk sang Maha Cinta,
Salam cinta terindah untuk baginda Rasulullah
Salam cinta terindah untuk ikhwan saudaraku
Salam cinta terindah untuk akhwat saudariku

Daftar Nama LDK di Indonesia

Nanggroe Aceh Darussalam

  • LDK FOSMA Unsyiah
  • LDK Ar-Risalah IAIN Ar-Raniry
  • LDF AL-Ihsan Faperta Unsyiah
  • LDF Almudarris FKIP Unsyiah
  • LDK FORMADA UNIVERSITAS ALMUSLIM
  • LDK FOSMA Fathanah Universitas Gajah Putih
  • LDK Al-Furqon STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Sumatera Utara

  • LDK Al-Izzah IAIN Sumut
  • UKMI Ad-Dakwah
  • UKDM Al-Munawwarah
  • LDK Raudhatul Jannah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • FKMM Harapan Medan (STT-STIE-STBA)
  • LDK Ulul Albab STMIK Potensi Utama Medan
  • UKMI Politeknik Negeri Medan
  • UKMI Ar-Rahman Universitas Negeri Medan

Sumatera Barat

  • FKI Rabbani
  • Unit Kegiatan Kerohanian Universitas Negeri Padang.
  • LDK Khairu ummah STIT Pariaman
  • LDK KSI Ulul Albab IAIN Imam Bonjol
  • LDK FSI Nurul Jannah Universitas Bung Hatta
  • LDK UKM Azzamul Iffah STAIN Jamil Jambek Bukittinggi
  • LDK UKM Ar-Ruhul Jadid STAIN Batusangkar
  • LDK Afdhalul Fikri STKIP PGRI Padang
  • LDK UKMI(Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) Ar-rahman Universitas Baiturahmah

Riau – Kepulauan Riau

  • UKMI Ar_Royyan Universitas Riau
  • UKMI Al-Fatah Universitas Lancang Kuning Pekanbaru
  • LDK Al_Karramah UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • LDK Izzatul Islam STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang
  • LDK Darul Ulum STIE Pertiba Bangka

Jambi

  • LDK Arrahman Universitas Jambi
  • LDK Al-Uswah IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • LDK Ibadurrahman Muara Bungo
  • LDK FORSIMA (Forum Studi Mahasiswa An-Nadwah) STAI An-Nadwah Kuala Tungkal
  • LDK FORKALAM (Forum Kajian Islam)Al-KAHFI STMIK NH JAMBI

Sumatera Selatan

  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK KARISMA
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Nadwah
  • LDK KEMAS
  • LDK Refah IAIN Raden Fatah Palembang
  • LDK Al Qorib Universitas Bina Dharma
  • LDK Ar Risalah Universitas PGRI
  • LDK An Najm STIK Bina Husada
  • LDK Mizan Poltek Kesehatan Kemenkes Palembang
  • LDK Al Wathon Universitas Kader Bangsa
  • Rohis STMIK MDP

Lampung

  • Unit Kegiatan Mahasiswa Birohmah
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Pembinaan dan Pengkajian Islam FKIP Unila
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Rohani Islam FMIPA Unila
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Rohani Islam FE Unila
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Studi Pengembangan Islam FISIP Unila
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Bapinda
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Al Kindi
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Al Banna

Banten

  • LDK IMAM UNPAM (Ikatan Mahasiswa Muslim Universitas Pamulang) – Tangerang Selatan
  • LDK Baabussalam
  • LDK IKMA Untirta Cilegon
  • Masjid Baitul Maal (MBM)
  • LDK SYAHID (Syarif Hidayatullah)
  • Lembaga Dakwah Kampus “Ummul Fikroh” (LDK UF) [(IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)].
  • LDK Amal IAIN Antasari
  • Rohis Universitas Syekh Yusuf Tangerang
  • LDK Asy Syukriyyah

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

  • LDK FRM UI – (Forum Remaja Masjid Universitas Indonesia).
  • LDK NURUL ‘ILMI Universitas Nasional Jakarta
  • LDK Al-Hikmah
  • LDK UNJ
  • Forum Studi Islam Khidmatul Ummah (FSIKU FBS UNJ)
  • LDF FUSI Psikologi UI
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Hudzaifah Trisakti (UKM-IHT)
  • Rohis KALAM
  • LDK Salam (Nuansa Islam Mahasiswa)
  • LDF Forum Amal dan Studi Islam FIB UI(Formasi FIB UI)
  • LDK FIKI UI (Forum Ilmiah Kajian Islam Universitas Indonesia)
  • LDK Al Azzam
  • Forum Ukhuwah dan Kajian Islam Fasilkom
  • Badan Semi Otonom Musholla ‘Izzatul Islam UI
  • Majelis Ta’lim Al-Khawarizmi (MT Al-Khawarizmi)
  • Unit Kegiatan Rohani Islam ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional) – UKRI ISTN
  • LDK Al Fatih
  • LDK Fikri
  • UKM Fajrul Islam
  • LDK Ishlah
  • LDK Kahfi Universitas
  • Rohis Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  • UKKI Universitas Pancasila
  • LDK Al-Faruq
  • LDK Nurul Ilmi
  • Forum Ukhuwah
  • LDK Istiqomah Universitas Jayabaya
  • Remaja Masjid Nurul Itishom STEI Indonesia
  • Ikatan Mahasiswa Muslim Nusantara (IMMN) Institut Bisnis Nusantara
  • Rohis AlAshri Institut Bisnis dan Informatika Indonesia
  • LDK Uswah UPN “Veteran”
  • LDK Al-Azzam
  • LDK Al-Banna Universitas Bidakara
  • LDK UDP
  • LDK Ikatan Keluarga Muslim Indonusa (IKMI)
  • LDK Pusat Studi Mahasiswa Islam
  • LDK Al-Ishlah Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • LDK Al-Arif Asian Banking Finance Institute Perbanas
  • LDK Al-Futuwah
  • UKM Assalam STEKPI
  • UKM Badaris BSI

Jawa Barat

  • LDK Dewan Keluarga Masjid Universitas Padjadjaran (LDK-DKMUP)
  • LDK Keluarga Muslim Akademi Kimia Analisis Bogor (LDK AKA Bogor)
  • LDK AL-INTISYAR UIKA Bogor
  • LDK Dewan Kemakmuran Masjid Al Hurriyah (LDK DKM Al Hurriyah IPB)
  • LDK (BKIM) IPB
  • LDK Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa (LDK UKDM UPI)
  • LDK UMMI
  • Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB
  • LDK Keluarga Muslim (Gamus-IM Telkom)
  • Sentra Kegiatan Islam
  • LDK Assalam (Asosiasi Mahasiswa Islam) Politeknik Negeri Bandung
  • LDK STMIK Bani Saleh
  • LDF FUSI Psikologi UI
  • LDL Alfath ( Pranata Indonesia Bekasi )
  • LDK STAI Siliwangi
  • LDK Al Ukhuwah UNISMA Bekasi
  • LDK DKM ULUL ‘ILMI
  • LDK KMI (Keluarga Muslim Itenas)
  • LDK Hamasah Islam Poltekkes Bandung

Jawa Tengah

  • Jamaah Nurul Huda UKMI
  • UKMI Ar Rahmaan
  • LDK INSANI
  • LDK STAIN Surakarta
  • LDK Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) IKKIP PGRI
  • LDK STAI Brebes( Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes)
  • LDK Al-Kahfi (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
  • LDK UKKI (Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto)

Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Jama’ah Shalahuddin
  • LDK UKMK Al-Fath UII Yogyakarta
  • LDK UKKI Jama’ah Al Mujahidin UNY
  • LDK Jama’ah Al-Anhar (UKI JAA) UMY
  • LDK UKI Jashtis (Jama’ah Shohwatul Islam)
  • LDK Jadda Yogyakarta
  • LDK WAMIKA (Wahana Aspirasi Mahasiswa Islam Akakom) Yogyakarta
  • LDM Jama’ah Robbani STEI Hamfara Yogyakarta
  • LDK Jamaah Fatahillah STEI Yogyakarta
  • UKKI AL-FATIH
  • LDK Forum Mahasiswa Islam (FORMIS)
  • LDK Keluarga Mahasiswa Islam (KMI)

Jawa Timur

  • Kerohanian Islam Politeknik (RISPOL)
  • LDK BDM Al-Hikmah
  • Sentuhan Ruhani Islam (SERUNI) Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Muslim Study (MS) Fakultas Ekonomi
  • Kreativitas Islam MIPA (Karisma) Faklutas MIPA
  • [Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI)] Fakultas Teknik
  • LDK Forum Kajian Islam Mahasiswa (Forkisma)
  • Jama’ah Masjid Manarul Ilmi ITSN
  • Jama’ah Nuruzzaman Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI)
  • Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI)
  • Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI)
  • Forum Studi Islam Teknik Elektro (Forsitek)
  • Keluarga Besar Muslim (KBM) Al Hadiid Fakultas Teknik
  • Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) PENS-ITS
  • Forum Studi Insan Kamil (FORSIKA), Fakultas Pertanian
  • Mushola Fakultas Kedokteran Gigi
  • Lembaga Dakwah Kampus Unit Kegiatan Kajian Islam Universitas Muhammadiyah Gresik (LDK UKKI UMG)
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Universitas Jember
  • Unit Aktivitas Kerohanian Islam (UAKI) Universitas Brawijaya
  • LDK Ar-Rahman STEI-STMIK Asia Malang
  • Forum Study Islam Ilmu Pendidikan (FORSIIP) STKIP PGRI LUMAJANG
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI)Ulil Albab STKIP PGRI PONOROGO
  • Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI) Institut Teknologi Nasional Malang
  • Jamaa’ah A.R. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang
  • UKKI AL-IKHLAS STKIP PGRI JOMBANG

Nusa Tenggara

  • LDK Baabul Hikmah Universitas Mataram
  • ROHIS SMAN 1 Montong Gading, Lombok Timur
  • LDK Al-Abror STKIP Hamzanwadi Selong

Kalimantan Timur

  • Pusat Studi Islam Mahasiswa Universitas Mulawarman
  • Lembaga Dakwah Kampus Informatika Studi Islam (LDK INSI) – STMIK Widya Cipta Dharma/Wicida Samarinda
  • Pusat Studi Islam Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bontang ( STITEK ) Bontang

Kalimatan Barat

  • BKMI Universitas Tanjung Pura
  • LDK Al-Ilham STKIP PGRI Pontianak
  • LDK MATIMSYA STAIN Pontianak
  • LDK IMMSAH Politeknik Negeri Pontianak
  • LDK MUHAHMMAD BASYUNI IMRON STAI SAMBAS. staisambas.com
  • LDK KAMAIS Poltekes

Kalimantan Tengah

  • JS Universitas Palangkaraya

Kalimantan Selatan

  • UKMM (Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim) UNLAM
  • LDK AMBH (Angkatan Muda Baitul Hikmah) UNLAM
  • LDK Al-Baytar UNLAM
  • LDK AMAL IAIN Antasari
  • LDK ITC POLTEKKES KEMENKES BANJARMASIN

Sulawesi Selatan

  • UKM Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla Universitas Hasanuddin (UKM LDK MPM UH)
  • UKM LDK ASHABUL KAHFI UMI
  • Lembaga Dakwah Kampus Forum Komunikasi Mushallah dan Kerohanian Islam Universitas Hasanuddin (LDK FKMKI UNHAS)
  • UKM Lembaga Dakwah Kampus Al Jami’ UIN (Universitas Islam Negeri)
  • UKM Lembaga Dakwah Kampus Ukhuwah Mahasiswa Islam (UKHMI) STMIK AKBA
  • Lembaga Dakwah Kampus Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) POLTEKES
  • LDK LDM Universitas Muslim Indonesia
  • Lembaga Dakwah Kampus Salman UNM
  • Lembaga Dakwah Kampus Asy Syifa STIKES Nani Hasanuddin
  • Lembaga Dakwah Kampus AL Furqon Univ. 45

Sulawesi – Sulawesi Selatan

  • LDK Al-Misbah IAIN Palopo

Sulawesi Tengah

  • LDK Lembaga pengkajian islam mahasiswa (LPIM) STIK-IJ PALU

Papua

  • Ikatan Mahasiswa Muslim (IMMUN) Universitas Cendrawasih
  • LDK Universitas Negeri Papua

Peranan Kampus

contoh kampus

contoh kampus

Seorang mahasiswa semestinya tahu peranan-peranan kampus yang merupakan tempat kesehariannya dalam menimba ilmu. Mahasiswa tidak seharusnya apatis terhadap peranan kampus dalam membangun negeri.
Salah satu peranan kampus yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bahwa kampus merupakan miniatur negara. Sebagai miniatur negara artinya kampus merupakan tempat dalam membentuk kepribadian seorang pemimpin. Seorang mahasiswa semestinya menjadikan kampus sebagai tempat belajar bagaimana memimpin dengan baik sehingga nantinya mampu memimpin diri sendiri bahkan mampu memimpin negeri ini menuju kejayaan dan mencapai cita-cita bangsa.

Bagaimana kampus bisa menjadi miniatur negara??

Setiap kampus memiliki pemerintahan kemahasiswaan. Dimulai dari adanya Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) atau yang sejenisnya yang merupakan miniatur Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), adanya Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) atau yang sejenisnya yang merupakan miniatur Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), adanya Kementrian-kementrian (Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa) yang merupakan miniatur Kementrian dalam sebuah negara, bahkan didalam kampus ada Presiden Mahasiwa, Gubernur Mahasiswa, dan Walikota/Bupati Mahasiswa. Melihat apa yang ada di dalam kampus seperti apa yang ada dalam sebuah negara, maka pantaslah kampus disebut dengan miniatur negara.